Father…

Papa, Ayah, Bapak, Abah, Abi, Papi dan sebutan lain untuk seorang pria yang kita kenal pertama kali dalam hidup kita.

Aku memanggilnya Papa.

Aku sangat bersyukur masih bisa merasakan bagaimana memiliki seorang Ayah. Beliau memiliki andil yang besar dalam hidupku. Pelindung, penasihat, pembimbing, panutan, dan banyak lagi hal tauladan yang kudapatkan darinya. Pria yang kocak sekaligus tegas. Keras untuk melindungi miliknya dan lembut pada apa yang disayangnya.
Seorang teman pernah berkata, “aku sayang sekali pada ibuku. Tapi, ayahku tidak.”
Aku tertegun mendengarnya, seburuk apakah ayahnya sampai ia bisa membedakan rasa sayang untuk orang tuanya?

Mungkin sebagian dari kita pernah diberi pertanyaan seperti ini, “lebih sayang mama atau papa?” Pasti ada yang menjawab mama atau papa, namun kalau pertanyaan itu tertuju untukku aku akan menjawab keduanya. Sulit bagiku untuk memilih mana yang lebih kusayangi, karena aku menyayangi keduanya.

Mungkin aku cocok disebut ‘daddy’s little girl’, aku menyadari hal itu sendiri. Hampir segala hal dalam hidupku, papa selalu ikut didalamnya. Ntah itu dalam hal pendidikan maupun hobiku. Aku juga masih sering diciumi olehnya pada saat tertentu–papa bukan orang yang malu menunjukan kasih sayangnya. Aku bisa bercerita banyak hal bersamanya, wawasannya luas. Hal kesukaan kami adalah kopi. Banyak kesamaan yang kumiliki dengan papa.

Banyak orang menganggap ayahku menakutkan. Ia bukan manakutkan, ia hanya tak suka banyak basa-basi. Kau harus mengenalnya dengan baik dan baru bisa menilainya. Kau akan terpingkal-pingkal ketika ia bergurau, namun kau juga akan menitikan air mata ketika ia mengurai kalimatnya dalam puisi ataupun kalimat nasihatnya.

Aku sangat bangga padanya.

Pria baik hati dan bertuah. Penyayang dan romantis. Tegas dan bijaksana. Humoris dan kreatif. Dia ayahku. Dia papaku.

Aku berdoa, Allah memberikan ku pendamping hidup yang memiliki pribadi seperti ayahku. Yang mampu bertahan untuk keluarganya, setia, dan inshaAllah membawa kami ke Jannah. Aamiin.

See you on the next post!

Leave a Reply

